Sunday 04th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Nintendo Wii U

posted by Akmal Fahmi
Review Nintendo Wii U

Bisa dibilang Nintendo Wii U adalah langkah awal dalam generasi baru konsol game. Dimana sebelumnya sang kakak, Nintendo Wii juga telah membuat era baru konsol game dengan game berbasis gerakannya. Dengan sistem yang baru ini menghadirkan fitur yang serba online, sebagai contoh: eShop, Miiverse, Netflix, system transfer, dan bahkan kompabilitas dengan Wii.

Walaupun Wii U merupakan generasi berikutnya dari Wii, konsol game ini mempunyai bentuk yang berbeda dari Wii. Konsep Wii U lebih ke GamePad dengan controller di kanan-kirinya sehingga anda dapat memainkan permainan Wii U dimana saja. Wii U juga dilengkapi port HDMI dan controller model stick, sehingga anda lebih nyaman memainkannya dirumah dengan layar TV yang lebih besar. Berikut adalah review dari Nintendo Wii U.

Hardware

Secara garis besar, hardware dari Wii U ini ada 3 bagian, mesin, GamePad, dan kontroler yang disebut Pro Contoller. Mari kita bahas satu per satu, dimulai dari:

  • Mesin

Ok, kita sebut saja mesin untama dari Wii U ini dengan konsol. Konsol Wii U berbentuk kotak kecil (lebih kecil dari konsol Wii) dimana anda dapat dengan mudah menghubungkannya ke TV anda, dengan catatan TV anda harus memiliki port HDMI. Dengan dimensinya yang kecil membuat Wii U semakin terlihat elegan dan tidak membutuhkan ruang yang besar. Wii U memiliki adapter yang lebih besar dan dilengkapi dengan multi-core prosesor AMD Radeon yang telah didukung GPU high-def. Anda dapat menghubungkan sensor bar Wii lama anda dengan Wii U.

Terdapat 2 macam kapasitas penyimpanan, 8 GB dengan harga $ 300 dan 32 GB dengan harga $ 350. Bila dirasa kurang, tenang saja, karena anda bisa membeli HDD eksternal sebagai tambahan media penyimpanan. Terdapat 4 port USB pada konsol ini yang harusnya sudah cukup mendukung anda. Masih kurang? Tenang, karena Wii U juga dilengkapi slot SD. Sayangnya, Seluruh perangkat Wii U ditutup dengan cat glossy, dimana sidik jari anda akan membekas dan debu akan menempel sehingga cepat sekali menimbulkan kesan kotor.

  • GamePad

GamePad Wii U berbasis layar sentuh dan dilengkapi dengan stylus. Tapi GamePad Wii U tidak full touch screen karena dilengkapi kontroler di kanan-kirinya. GamePad Wii U memiliki layar 6.2 inch, dengan resolusi 854×480 dalam ratio 16:9 dan micrrophone di bagian bawah. GamePad Wii U dilengkapi kamera depan, speaker yang keras. Pada bagian tengah bawah terdapat tombol Home dimana  sebagai akses cepat ke setting GamePad dan menu utama. Selain itu dilengkapi juga indikator baterai, bila lampu berubah menjadi merah menandakan anda harus melakukan charge.

Pada bagian atas juga dilengkapi tombol (seperti R1-R2 dan L1-L2 pada PlayStation) yang ringan dan cukup nyaman dengan jari. Daya tahan baterai hanya tahan 3,5 jam dengan catatan brightness minim, sound dimatikan, dan efek getar yang juga dimatikan. Tapi anda tidak perlu mengatur susah susah bila puas dengan kondisi tersebut, karena ada mode power-saving. Untuk durasi charge sendiri sekitar 2,5 jam.

Fungsionalitas terbarunya adalah terdapat konektivitas NFC tetapi untuk sekarang belum ada software yang mendukungnya. GamePad ini mempunyai kemampuan sebagai remote control universal dimana dapat digunakan sebagai remote control HDTV anda (tidak semua HDTV, tapi kebanyakan HDTV bisa). Tenang saja, karena kemampuan ini tidak terlalu berpengaruh terhadap baterai. Anda dapat tetap bermain walaupun keluarga anda sedang menonton TV. Karena tidak semua software bisa dimainkan pada GamePad ini, maka Nintendo mengakalinya dengan menghadirkan Nintendo Land. Nintendo Land semacam karnaval game dimana menghadirkan 12 game unggulan Nintendo yang semuanya dapat dimainkan di Nintendo Wii U. Dalam Nintendo Land tersedia berbagai jenis permainan, mulai dari single sampai multi player dan juga termasuk gameplay asymmetrical.

Sayangnya, tampilan dari GamePad ini lebih terlihat seperti mainan dan tidak ada unsur elegan. Dengan tombol yang kecil dan analog stick yang licin, membuat anda bisa salah menekan tombol dan lepas dari pegangan analog. Lagi-lagi cover-nya yang glossy membuat sidik jari anda dapat dengan mudah membekas dan magnet bagi debu. Untuk bermain game seperti balapan atau FPS, maka GamePad ini sangat nyaman untuk memainkannya. GamePad ini juga nyaman di tangan. Untuk streaming video, lebih baik anda menghubungkannya ke HDTV anda dulu karena layar GamePad kurang begitu bagus untuk streaming video.

  • Pro Controller

Pro Controller Wii U bisa dibilang penggabungan antara controller PlayStation 3 dengan Xbox 360 dan controller ini tidak terlalu berat. Sayangnya, lagi-lagi lapisan glossy menyelimuti controller ini dan tombolnya yang terlalu kecil telah menuai banyak kritik. Daya tahan baterai controller ini lebih lama dari GamePad-nya, bisa bertahan 6-10 jam. Bila baterainya habis, anda bisa menghubungkan controller ke mesin Wii U dengan kabel USB dan segera bisa melanjutkan permainan sambil melakukan charge.

  • Tempat Charge

Hardware pendukung (bukan utama tapi penting) dari Wii U adalah tempat charge GamePad. Dilengkapi AC adapter sendiri dan tidak perlu ada tambahan kabel yang disambungkan ke Wii U, cukup taruk GamePad anda ke tempat charge ini. Tempat charge ini dijual terpisah dari paket penjualan dengan harga $ 20.

Software

Secara garis besar, tidak ada yang berubah dari interface-nya, hanya pada Nintendo Wii U adalah versi simpelnya. Wii U membuat pengalaman baru bagi para pengguna Mii dimana pengguna Mii dapat saling berhubungan di plaza. Nintendo memang ingin mempopulerkan plaza dengan teman online anda. Tapi sampai sekarang pengguna plaza masih sedikit dan belum ramai sejak peliuncuran Wii U. Masuk ke Mii anda dengan login terlebih dahulu, bila sudah selesai beraktivitas di plaza, logout, dan bisa segera ganti pengguna, simpel, intuitif, dan cepat.

Konsol game ini dinilai masil lambat dalam membuka aplikasi non-game. Membuka Mii Maker, System Settings, Daily Log, atau Parental Controls dibutuhkan waktu 15 detik. Fungsi Mii Maker hampir sama dengan versi 3DS-nya. Hasil scan wajah anda dapat saling sinkron dengan konsol Nintendo lain termasuk 3DS. Daily Log menunjukkan statistik penggunaan Wii U terhadap tiap game, seperti berapa lama anda memainkan tiap game. Fungsi Parental Control tidak hanya memungkinkan anda mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur dari Wii U, mengakses hiburan non-game, atau Miiverse, atau eShop. System Settings adalah sebagai manajemen data (seperti transfer data dari Wii lama anda), tetapi juga sebagai setting standar (seperti wireless networks, tanggal/waktu, dll).

  • Miiverse

Bayangkan Twitter dengan kolom percakapan, dan membuat komunitas di game, inilah Miiverse. Miiverse memungkinkan pengguna  dapat saling bertukar pesan dari dan tentang game yang sedang dimainkan. Saling mem”follow” pengguna lain seperti di Twitter. Pesan dapat berupa tulisan pendek atau Swapnote-style drawn messages. Kekurangannya, anda hanya bisa mem”follw” 1000 orang dan hanya mempunyai 100 teman di Wii U. Pesan antar teman tentang sebuah permainan memang sangat membantu dalam bermain di permainan. Seperti saling sharing tentang jalan yang akan dilalui dan cara mengalahkan lawan.

  • eShop

eShop Nintendo memang membawa kita ke pengalaman berbelanja yang hebat, seperti: icon kotak dengan nama aplikasinya, dengan  icon fitur yang lebih besar seperti More Indie Games, Video on Demand, Featured Games, Coming Soon (dengan video), dan Games by Category. Anda juga dapat mencari game yang paling banyak di download saat ini seperti game Skylanders Giants dan Tekken Tag Tournament 2.

  • Aplikasi Lainnya

Wii U memang dilengkapi aplikasi non-game seperti Netflix, Hulu, Amazon Instant Video, dan YouTube. Semua itu akan lebih maksimal dengan Nintendo TVii, layanan untuk membuka semuanya dengan 1 pintudengan menghubungkan Wii U anda dengan video input dengan kabel atau provider satelit anda. Wii U juga dilengkapi browser yang dapat membuka halaman web di TV maunpun di GamePad yang juga dilengkapi dengan pilihan private browsing.

Game

Setiap minggu selalu ada game baru yang siap dimainkan. Seperti pada minggu ini yang sudah ada 23 game baru dan anda dapat memilikinya dengan $ 60. Berikut adalah beberapa game unggulan yang saya sarankan:

  • New Super Mario Bros. U

Tidak lain dan tidak bukan salah satunya adalah sang legenda Nintendo, Mario Bros. Dalam Wii U, Mario dkk hadir dengan New Super Mario bros. U dimana game ini adalah game Mario pertama dengan HD dan terlihat sangat “wah.” Anda dapat melawan Bowser dan Yoshi dengan lebih puas.

  • ZombiU

Anda suka game pembantaian, Wii U telah menghadirkan game ZombiU dimana anda dapat melawan para zombie di London. Disini anda adalah “mungkin” satu-satunya orang yang selamat dan harus bertahan ditengah-tengah kerumunan zombie. Anda akan diberikan senjata dengan amunisi minim. Game ini cukup menakutkan. Jadi, siapkan jantung anda saat memainkan game ini.

Kesimpulan

Nintendo Wii U adalah generasi terbaru dari konsol game dan memberikan anda pengalaman baru bermain game HD. Game terlihat sangat bagus terutama Mario Bros. Tanpa Nintendo Network, Miiverse, Nintendo TVii, atau konten streaming tidak akan bisa dijalankan antar konsol Nintend. Sayangnya, plaza yang ditawarkan Nintendo dan diatas kertas sebenarnya bisa sangat prospek, tapi sayangnya plaza masih sepi. Dari hardware-nya sendiri, seluruh bagian Nintendo Wii dibungkus plastik glossy sehingga sidik jari anda dapat dengan mudah membekas dan debu mudah sekali menempel.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment