Thursday 08th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Nokia Lumia 820!

posted by Ahimsa
Review Nokia Lumia 820!

Lumia 820 selama ini memang berada di bawah bayang-bayang saudara besarnya, Lumia 920, bahkan sejak diperkenalkan. Namun, smartphone ini hadir dengan pendekatan yang sedikit berbeda. Ketika keluarga Lumia yang lain hadir dengan body yang paten, Lumia 820 memiliki rangka luar yang bisa dilepas.

Di dalamnya anda akan mendapati baterai 1,650 mAh yang bisa dilepas, dengan akses ke microSD storage. Spesifikasi lainnya adalah RAM 1 GB, prosesor yang sama dengan Lumia 920 Snapdragon S4 1,5 GHz, serta layar 4,3 inch OLED 800 x 480.  Lalu bagaimana performa smartphone ini dari berbagai sisi? Mari kita simak bersama!

Hardware

Smartphone ini memang kalah populer dari saudara besarnya, Lumia 920. Hal ini memang karena Nokia lebih menggemborkan Lumia 920 di kelas smartphone high-class. Lumia 820 memang nampak seperti ‘ban-serep’ karena hadir sebagai versi murah dari 920.

Secara desain, 820 mengambil sedikit jalan berbeda. Ketika Lumia 920 mengadopsi filosofi desain lama Lumia, 820 justru menggunakan desain yang pada ujungnya agak bulat, dan hadir dengan ketebalan yang lumayan 9,9 mm namun agak sedikit sulit bagi tangan untuk mengeksplorasi seluruh layar dengan satu tangan. Beratnya sekitar 160 gram, lebih ringan 15 gram dari 920, namun tetap lebih berat daripada HTC Windows Phone 8X dan 8S. Dimensi keseluruhan adalah 4,87 x 2,7 inch. Qi-standar untuk wireless charging berada di shell yang dapat dilepas dari smartphone ini. Walaupun terpasang di hardware, namun tidak menambah berat 820 secara signifikan.

Dilihat dari tampang, sekilas memang tidak berbeda dengan ponsel Lumia lainnya. Dengan warna warni cerah yang fun. Sangat khas Lumia. Dilihat dari desain tombol juga standar Windows Phone 8, terdapat tiga tombol kapasitif di depan, dan tiga tombol fisik di sebelah kanan. Terdapat pula port USB di bagian bawah dekat speaker yang lumayan keras, serta ada kamera depan untuk melakukan video call.

Di dalamnya, anda akan menemui konektivitas dari NFC,  802.11a/b/g/n, Bluetooth 3.1, serta A-GPS dan GLONASS. Sayangnya tidak ada port HDMI untuk smartphone ini, jadi kemungkinana anda akan menggantungkan diri pada SmartGlass milik Microsoft untuk mendapatkan layar kedua..

Asesoris yang anda dapatkan hampir sama jenisnya dengan Nokia Lumia 920, seperti JBL Speaker Wireless. Namun yang unik tentu fasilitas wireless charging yang menempel langsung sebagai shell di smartphone ini.

Display

Lumia 820 mengusung display kelas menengah resolusi 800 x 400 dengan layar 4,3 inch. Sebenarnya ini cocok digunakan untuk generasi Windows Phone yang lalu, bukan era baru Windows Phone 8 sekarang ini yang digadang-gadang sebagai kekuatan ketiga dalam persaingan smartphone. Dengan RGB Stripe AMOLED, apa yang diusung sangat mirip dengan Lumia 900, ukuran yang sama, resolusi sama, dan teknologi AMOLED yang sama.

Memang tidak terlalu mengesankan, namun Lumia 820 lebih keren daripada Lumia 920 ketika kita melihat layar dari sudut sempit. Selain itu, layar yang super sensitif memungkinkan kita untuk melakukan navigasi di layar dengan kuku, atau bahkan dengan sarung tangan! Sepertinya ini kemampuan ini cukup keren untuk smarphone di kelas Lumia 820.

Camera

Tidak ada hal baru pada kamera, namun Nokia terkenal dengan kamera-nya yang mumpuni. Walaupun masih dibelakang Lumia 920, kamera dari 820 masih bisa dibilang keren. Hadir dengan dual LED flash dan lensa Carl Zeiss f/2.2, dikombinasikan dengan kamera 8 megapixel. Untuk interface kamera masih sama dengan kamera Windows Phone 8 lain, dengan fasilitas white balance, exposure dan ISO.

Software

Tidak ada hal baru, namun tetap menarik untuk disimak. Tampilan Windows Phone 8 yang khas dengan LiveTile yang menawan. Nokia masih menambahkan software andalannya di Lumia 820, termasuk Nokia Maps dan Lens app untuk kamera. Nokia Maps menawarkan tampilan 3D yang cool, sedangkan Lens app memungkinkan anda untuk mengambil gambar panorama.

SkyDrive untuk Windows Phone 8 meluncur minggu ini, dan pasti Lumia 820 mendapatkan fasilitas ini. Tambahan storage 7 GB gratis di cloud dan fasilitas sharing link file ala Dropbox dapat anda manfaatkan untuk menunjang produktivitas.

Baterai dan Performance

Dengan resolusi layar yang lebih kecil dan daya baterai yang juga lebih kecil, baterai Lumia 820 masih kalah dengan handset Windows Phone 8 lain. Untuk performa, walaupun tidak di-benchmark dengan aplikasi khusus untuk menguji Windows Phone 8, setidaknya hasil di bawah bisa menjadi gambaran.

 

Lumia 820 memang lebih murah daripada kakaknya, Lumia 920. Namun layar yang menggunakan teknologi yang harusnya hadir dengan Windows Phone   lama, nampaknya menjadi kelemahan yang benar-benar harus anda pertimbangkan sebelum memasukkanya dalam daftar belanja..

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment