Friday 02nd December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Nokia Lumia 920, Lumia Tercanggih Saat Ini

posted by Akmal Fahmi
Review Nokia Lumia 920, Lumia Tercanggih Saat Ini

Lumia 920 adalah smartphone dan bisa juga disebut flagship dari Nokia dimana memakai OS Windows Phone 8. Produk teranyar Nokia dan juga seri terbaru dari Lumia ini memakai CPU 1.5 GHz dual-core Qualcomm Krait dengan dimensi 114 mm / 4.5″ dengan LCD IPS TFT. Selain LCD IPS TFT, layar Nokia Lumia 920 dilindungi oleh Gorilla Glass yang terkenal kuatnya. Kelebihan lainnya adalah mendukung inductive charging, sehingga dapat otomatis mengisi baterai hanya dengan meletakannya di charging pad dan kompatibel dengan Qi Inductive Charging. Dari sisi kamera, Lumia memakai kamera PureView 8,7 megapixel dengan optical image stabilization. Dari sisi media penyimpanan, Lumia 920 berkapasitas 32 GB dan tidak tersedianya slot kartu memori.

SPESIFIKASI

DESAIN

Banyak diantara penggemar gadget yang menyebutkan Lumia 920 adalah model tank dari ponsel. Ponsel ini besar dan berat, beratnya mencapai 185 gram dan ketebalan 10.7mm. Lumia 920 memakai layar 4,5 ” dengan bezel besar di bagian atas dan bawahnya. Total tingginya dari atas hingga bawah adalah 5,1″. Bila dibandingkan dengan HTC Windows Phone 8X, Lumia masih terbilang berat dan tebal.

Ketebalan body Lumia 920 ini bukan karena tidak beralasan, dengan baterai yang besar, layar 4,5 “, peralatan wireless charging, dan kamera PureView yang tertanam dalam sebuah ponsel, tentu saja membutuhkan ruang yang lebih besar. Sama seperti Lumia-Lumia sebelumnya, body Lumia 920 terbuat dari material polycarbonat. Pada bagian atas tersedia headphone jack 3,5mm, jack microUSB berada pada bagian bawah. Untuk tombol tombol lainnya seperti volume, tombol power, dan shutter kamera berada di sisi kanan semua.

Dengan Gorilla Glass sebagai pelindung layar, bagian bawah layar tersedia 3 tombol capacitive seperti pada smartphone pada umumnya. Fitur menarik dari Lumia 920 adalah dapat melakukan wireless charging. Pada bagian belakang Lumia 920 disematkan magnet sehingga dapat menempel pada charging pad. NFC juga telah disematkan didalam Lumia 920 dan dapat berbagi link dan kontak dengan perangkat lain yang mempunyai perangkat NFC juga tanpa membutuhkan waktu lama.

 

Tidak seperti kakaknya yang menggunakan AMOLED untuk display-nya, Lumia 920 menggunakan display IPS LCD dimana digadang-gadang lebih sensitif daripada AMOLED, Anda tetap mendapat akurasi yang baik walaupun tangan anda menggunakan sarung tangan tebal. Dengan IPS LCD anda juga dengan nyamannya melihat layar walaupun berada diluar ruangan (langsung terkena sinar matahari) tanpa perlu terganggu dengan refleksi cahaya. Hal hebat lainnya adalah adanya PureMotion HD+ dimana menurunkan latency dan menjamin 60FPS untuk animasi. Resolusi yang disajikan dari layar 4,5″ dengan IPS LCD adalah 1280 x 768, dimana lebih tajam dari Retina Display milik iPhone5.

KAMERA

Untuk Kamera, Lumia 920 menggunakan kamera PureView. PureView sendiri dikabarkan adalah produk terbaik dari departemen imaging perusahaan Finnish. Menurut beberapa tester Lumia 920, kamera PureView ini akan lebih optimal jika digunakan untuk mengambil gambar dalam ruangan. Untuk fungsi kamera sendiri, ada 2 kategori utama, low-light performance dan image stabilization. Kedua kategori tersebut Nokia menyebutnya dengan floating lens technology, dimana merupakan teknologi pertama dalam dunia mobile.

Kamera Lumia 920 ini mampu “menyerap” getaran tangan anda saat sedang akan mengambil gambar, sehingga gambar yang dihasilkan akan tetap bagus. Namun, bila anda ingin gambar yang benar-benar tajam, maka selama proses pengambilan gambar, tangan anda harus se-stabil mungkin. Dengan fitur automatic white balance, bila anda mengambil gambar sebanyak 3 kali dan di tempat yang sama secara berurutan, maka anda akan mendapatkan hasil yang berbeda dari setiap gambarnya.

Dalam hal merekam video, dengan adanya floating lens memberikan keuntungan yang besar, membuat video anda lebih stabil dan anda dapat merekam video sambil berjalan tanpa menghancurkan kualitas video anda. Memang tidak akan sebaik camcorder, tapi jauh lebih baik dari semua cameraphone yang pernah ada. Low light pictures pada Lumia 920 tidak hanya membuat video anda lebih terang, tapi juga dapat merekam suara dengan lebih detail.


View on YouTube

Nokia juga menyajikan beberapa aplikasi kamera untuk membuat anda senang untuk berfoto-foto ria, seperti beberapanya ada Smart Shoot, Cinemagraph, dan Lenses. Lenses menyajikan pilihan aplikasi kamera sehingga efek yang anda gunakan untuk memotret akan lebih kaya. Smart Shoot dapat melakukan beberapa pengambilan gambar dalam sekali tekan dan anda dapat memilih mana dari gambar tersebut yang terbaik. Cinemagraph mampu membantu anda dalam membuat animasi kecil dari hasil memotret anda.

KEMAMPUAN

Justru perubahan terbesar dan terpenting dalam WP 8 dari pada WP sebelumnya terletak pada bagian yang tidak bisa dilihat langsung oleh pengguna. Lumia 920 adalah produk yang mengunakan Windows Phone 8 versi terbaru. Kelebihannya adalah dengan OS terbaru dapat memudahkan untuk menjalankan processor modern seperti Qualcomm 1,5GHz dual-core Snapdragon S4. Kombinasi processor modern dan OS teranyar memberikan hasil yang lebih responsif, jadi dengan adanya peningkatan animasi pada WP 8 dapat dijalankan dengan lancar. Microsoft telah membuat Windows Phone 8 agar dapat lebih cepat menampilkan animasi dan melakukan scroll. Menurut hasil benchmark yang dilakukan Futuremark dan SunSpider, menunjukkan Lumia 920 masih kalah dalam hal menjalankan browser dan load Javascript dengan iPhone5.

Untuk kemampuan baterai dirasa tidak ada masalah walaupun telah menjalankan LTE sepanjang hari. Dengan daya 2000mAh, Lumia 920 terbilang irit dibandingkan dengan HTC 8X yang memiliki daya baterai yang sama. Speaker pada Lumia 920 cukup kencang. Bila digunakan untuk melakukan panggilan pun cukup memuaskan dan jernih. Mungkin untuk pengguna di Indonesia, anda tidak akan bisa menikmati teknologi terbaru 4G yaitu LTE karena jaringan di Indonesia memang belum sampai pada 4G LTE.

SOFTWARE

Mungkin bagi beberapa pengguna bahasan software adalah bahasan yang menarik. Walaupun sudah banyak produsen lain yang menerapkan Windows Phone 8 dalam produknya, tapi anda akan merasakan pengalaman yang berbeda jika menggunakan Lumia dan dinilai lebih baik dari Windows Phone 8 di produsen lain. Adanya aplikasi bawaan Nokia yang membuat Windows Phone 8 di Lumia menjadi lebih baik.

Yang menarik dibahas adalah pada aplikasi navigasi dan map yang berhasil mempermalukan iPhone 5 dengan iOS 6-nya. Nokia Transit dan Nokia Drive adalah 2 aplikasi yang sangat membantu navigasi anda. Anda juga akan menemukan Nokia City Lens dimana aplikasi augmented reality yang sangat berguna menunjukkan lokasi yang anda cari. Sedikit informasi dan mungkin sedikit dari anda yang tahu bahwa Nokia City Lens adalah aplikasi ciptaan anak bangsa dalam ajang kompetisi membuat aplikasi yang diadakan oleh Nokia sendiri. Nokia Music mendukung anda untuk melakukan streaming secara gratis. Daya tarik lainnya dari Windows Phone 8 adalah adanya games Xbox, dimana anda bisa merasakan sensasi Xbox dalam ponsel anda.

Ok, hal yang menarik lainnya adalah pada map, Nokia Map sebenarnya berbasis Bing Maps yang didesain ulang. Untuk pengguna di Amerika, maka akan merasakan langsung kecanggihan fitur map Lumia 920, tapi untuk pengguna di Indonesia, anda hanya bisa menikmati map seadanya dan lagi-lagi dikarenakan Indonesia belum mendukung teknologi yang sudah diaplikasikan di Amerika dan di beberapa negara lainnya. Walaupun begitu tampilan Nokia Map cukup memuaskan.

Untuk pengguna baru, mungkin anda sedikit kurang terbiasa atau mungkin bingung dalam mengoptimalkan penggunaan map anda, tapi jangan khawatir, yang anda butuhkan hanya terbiasa saja. Yang menjadi masalah bagi Windows Phone 8 adalah banyaknya aplikasi yang terbilang masih sedikit bila dibandingkan dengan aplikasi untuk Android dan iOS, apalagi untuk aplikasi gratisnya. Tidak jarang aplikasi yang di-Android dinyatakan gratis dan di Windows Phone 8 harus membayar.

KESIMPULAN

Windows Phone 8 versi terbaru ini memang membawa Nokia Lumia 920 berada di kelas yang berbeda. Banyak yang telah ditingkatkan, mulai dari kecepatan dan kemampuan multitasking-nya, koneksi ke Xbox dan SkyDrive, dan Start Screen yang memberikan pengalaman baru bagi anda.

Kelebihan:

  • Kamera PureView dengan hasil gambar yang tajam
  • Menggunakan LCD IPS yang dapat membuat layar anda tetap nyaman dipandang walaupun terkena sinar matahari langsung
  • Layar yang besar dan responsif akan lebih memuaskan pandangan anda
  • Software bawaan Nokia yang sudah tertanam
  • Map yang telah mengalahkan map iOS 6

Kekurangan:

  • Sangat berat bila dibandingkan dengan kompetitornya
  • Penggunaan LTE yang dirasa masih belum maksimal
  • Windows Phone 8 masih minim aplikasi terutama yang gratis

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment