Friday 09th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Nokia Lumia 920!

posted by Ahimsa
Review Nokia Lumia 920!

Nokia bangkit dari kubur! Setelah bertahun-tahun dihabisi Apple dan Samsung, Nokia mulai menggeliat dan memberikan perlawanan. Menggandeng Microsoft untuk menggarap sistem operasinya, Nokia menghadirkan jajaran smartphone yang menawarkan pengalaman yang luar biasa berbeda kepada penggunanya.

Ya, menggunakan Windows Phone 8, Nokia termasuk perusahaan yang sejak awal menggantungkan nasib pada sistem operasi ini. Namun sistem operasi yang ciamik tanpa hardware yang mengimbangi akan mubazir bukan? Nokia menjawab itu dengan melahirkan Nokia Lumia 920 ke dunia..

Nokia Lumia 920 adalah evolusi dari Lumia 800 dan Lumia 900, dengan inovasi yang lebih kaya tentunya. Fitur yang ditawarkan diklaim oleh Nokia mempunyai diferensiasi yang jelas terhadap pengguna Windows Phone 8 lainnya, terlebih terhadap iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III.

Diluncurkan pada bulan September, Nokia menunggu Microsoft untuk meluncurkan secara resmi Windows Phone 8 baru kemudian membuka pemesanan, yang mendapat sambutan bagus dari pasar.

Bagaimana performa Nokia Lumia 920 secara keseluruhan? Mari kita bedah bersama!

Desain dan Spesifikasi

Sejak pertama kali dibangun, Nokia fokus pada pengembangan display dan optic, walaupun pada saat itu belum jelas apa saja fitur yang ditawarkan Windows Phone 8.

Lumia 920 mempunyai layar besar 4.5 inch. Perangkat ini masih nyaman digenggam di tangan, namun dengan ketebalan 10,7 inch, anda harus menggenggamnya dengan baik.

Secara desain, Lumia 920 meneruskan desain khas Nokia dengan bahan polycarbonate. micro-SIM terletak di bagian atas perangkat, dengan headphone jack. microUSB charging hadir di bagian bawah, sedangkan tombol volume, tombol kamera, dan tombol power , terletak di sebelah kanan.

Secara obot, Lumia 920  lebih berat dari smartphone lain, bahkan jauh lebih berat. Dengan berat total 185 gram, perangkat ini 65% lebih berat (112 gram) daripada iPhone 5, dan 39 % lebih berat (133 gram) dari Samsung Galaxy S III.

Nokia tidak menjelaskan kenapa Lumia 920 menjadi sedemikian berat, namun kemungkinan paling besar adalah karena Nokia membenamkan baterai yang lebih tahan lama dibandingkan smartphone lain, dan lensa untuk teknologi PureView yang menghasilkan gambar yang jauh lebih berkualitas.

Jika anda penyuka ponsel tipis, Lumia 920 akan mengecewakan anda pada pandangan pertama. Namun secara spesifikasi, smartphone ini menjanjikan sesuatu yang bisa diperhitungkan.

Nokia membekali smartphone ini dengan prosesor dual-core Snapdragon S4 1,5 GHz, dengan RAM 1 GB, dan internal storage 32 GB. Setara dengan spesifikasi jajaran smartphone Windows Phone 8 HTC. Terdapat additional storage 16 GB, membuat anda tidak perlu menggunakan storage 7 GB di SkyDrive untuk sementara waktu. Sedangkan baterai yang dibenamkan untuk menunjang spesifikasi tersebut adalah  baterai 2000 mAh.

Asesoris

Salah satu fitur andalan dari Nokia Lumia 920 adalah wireless charging. Dari awal konsep ini sangat menarik. Ide bahwa kita bisa melakukan charge baterai tanpa harus berurusan dengan kabel, dan hanya meletakkanya diatas perangkat khusus memang sangat keren. Anda membutuhkan asesoris tambahan untuk menikmati fitur ini. Asesoris yang dinamakan charging plate ini hadir dengan warna-warna cerah khas Lumia, matching dengan ponselnya, namun dijual secara terpisah.

Selain asesoris wireless charger yang berbentuk plate, terdapat pula yang berbentuk seperti bantal/charging pillow (tentu untuk diletakkan di samping bantal anda), dan charging stand.

Untuk charging pillow, nampaknya sangat cocok bagi anda yang sangat menyayangi Lumia 920 layaknya bayi mungil yang harus diberi bantal sendiri untuk tidur. Anda tidak akan meninggalkan Lumia kesayangan di meja pada saat pengisian baterai..Selain itu,asesoris charging stand dapat anda gunakan jika anda masih ingin menggunakan Lumia anda ketika masih dalam keadaan mengisi baterai, secara bentuk mirip dock pada tablet, minus keyboard tentunya.

Ada satu lagi asesoris keren untuk Lumia, apalagi kalau bukan JBL Speaker. Dengan menggunakan NFC, dengan sekali tap Lumia anda akan terhubung dengan speaker. Letakkan Lumia di atasnya, dan Woila! Anda bisa tetap mendengarkan musik kesayangan dengan suara keras ketika Lumia anda diisi baterainya!

Display

Kualitas display menjadi lahan perang baru vendor smartphone! Apakah ukuran display, kepadatan pixel, atau apakah LCD lebih baik daripada AMOLED. Semua berusaha menjadi yang terbaik.

Nokia dengan pede menggunakan IPS LCD display, dengan memunculkan brand-nya sendiri untuk memikat konsumen. Kalau Apple menyebut display mereka Retina, Nokia menjulukinya dengan PureMotion HD+.

Bagaimana teknologi PureMotion HD+? Secara simpel, Nokia membangun cara baru untuk meningkatkan refresh rate dari display, mencapai 60 frame per detik yang setara dengan desain Windows Phone 8. Teknologi ini bisa mengurangi blur dan pergantian screen akan sangat clear, anda tidak akan mendapati lag yang menyebalkan.

Juga terdapat mode high-luminescene yang melengkapi light sensor Nokia Lumia 920, sehingga layar dapat beradaptasi di berbagai kondisi pencahayaan , secara otomatis menggenjot brightness dan contrast ketika anda berada di luar ruangan.

Tidak hanya itu, Nokia juga bekerjasama dengan Synaptics untuk menggunakan teknologi ClearPad 3, yang menawarkan Super Sensitive Touch pada layar.

Semua teknologi display dikombinasikan dan menghasilkan display 1280×768, dengan 332 ppi, melebihi Retina Display milik Apple namun setara dengan screen HTC 8X LCD yang hadir dengan 2 1,280×720 pixel (341 PPI) namun dengan diagonal layar yang lebih kecil.

Kamera

Nokia Lumia 920 mengusung brand PureView, sama seperti Nokia 808, namun tidak menggunakan kamera 42 megapixel lagi (sayang sekali), dan hanya membekalinya dengan f/2.0 8.7 megapixel. Namun kamera ini cukup memuaskan, dengan optical image stabilisation dan low-light sensivity yang memberikan kualitas gabar ciamik di pencahayaan rendah.

Bagaimana hasil jepretan Lumia 920? lihat perbandingannya di gambar di bawah ini!

Software

Masalah kekayaan aplikasi, Windows Store memang masih dalam tahap mengembangkan ekosistem. Jadi jangan harap untuk waktu dekat anda mendapati aplikasi yang biasa hadir di Android dan iOS akan hadir. Namun sepertinya ini hanya soal waktu, karena banyak developer melirik Windows Phone 8 sebagai mainan baru mereka.

Di sisi lain, Nokia sudah menyiapkan beberapa aplikasi milik mereka sendiri, yang berfokus pada lokasi dan navigasi. Di dalam Lumia 920, terdapat Nokia Care, Nokia City Lens, Nokia Drive+ Beta, Nokia Maps, Nokia Music, Smart Shoot and Cinemagraph.

Nokia Maps tentu yang palin menarik, karena beberapa saat lalu, Nokia terang-terangan mengklaim map nya lebih bagus daripada Apple Maps, terutama tampilan 3D-nya.

Untuk menjelajah kota, Nokia menyediakan Nokia City Lens, yang menawarkan informasi lokasi, navigasi, dan rekomendasi tempat, mirip dengan Local pada Android.

Bagi anda pecinta musik, terdapat alternatif lain selain Xbox Music yang menjadi default di Windows Phone 8. Nokia menyediakan Nokia Music, dan anda bisa mendownload lagu kesayangan anda.

Windows Store memang belum masih sepi, namun dengan komitmen dari Samsung, Nokia, dan HTC untuk Windows Phone 8, maka tidak lama lagi market ini pasti akan bertaburan aplikasi, yang akan membuat Nokia Lumia 920 lebih powerful.

Dengan demikian Nokia Lumia 920, patut masuk menjadi daftar list belanja gadget anda!

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment