Friday 02nd December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review: Vaio Duo 11 dengan Windows 8

posted by Destriana
Review: Vaio Duo 11 dengan Windows 8

Sony Vaio Duo 11 bisa jadi dinobatkan sebagai debut Sony di pasar gadget yang bersistem operasi Windows 8. Kabarnya, Vaio Duo 11 akan diperkenalkan musim panas mendatang. Vaio Duo 11 hadir dengan 2 pilihan prosesor, yaitu Core i5 dan Core i7. Selain itu, 1080p touchscreen berteknologi Gorilla Glass yang dibalut dengan bahan magnesium siap membuat Vaio Duo 11 ini tampak seperti gadget yang premium.

Meskipun belum dipastikan tanggal peluncuran resminya, namun spekulasi mengenai harga sudah beredar di dunia maya, yakni berkisar USD 1,200 atau jika di kurs ke rupiah berkisar sekitar 12 juta ruposiah. Bagi anda yang ingin mengenal Vaio Duo 11 lebih jauh lagi, kami akan memberikan review singka terkait gadget teranyar besutan Sony ini.

 

Bentuk fisik dan dimensi

 

Dibandingkan dengan ultrabook besutan pabrikan lain seperti Toshiba, Vaio Duo 11 layak dilabeli gadget bermassa ringan. Hal ini karena ultrabook ini hanya memiliki berat 2.87 pounds. Vaio Duo 11 dirasa lebih fleksibel, karena selain menggunakan mekanisme “sliding” dalam membuka bagian keyboard, bagian keyboard ultrabook ini juga bisa dilepas, sehingga membuat Vaio Duo 11 menjadi tablet windows 8 sepenuhnya. Tanpa keyboard, ultrabook ini memiliki ketebalan 0.71 inci, meskipun tak tertipis di kelasnya namun ketebalannya dirasa cukup, mengingat ultrabook ini memiliki slot HDMI, SD card slot, serta VGA port.

Didesain dengan balutan bahan magnesium membuat ultrabook ini menjadi lebih premium, dibandingkan dengan pesaingnya seperti U925t dan MSI Slider S20 yang masih menggunakan bahan plastik, meskipun dirasa ada esensi kenyamanan yang dikorbankan pada ultrabook besutan Sony ini.

Selain itu, pada sisi kiri ultrabook ini kita akan menemukan VGA port, SD card Slot serta slot untuk headphone. Sedangkan tombol power, HDMI, dan 2 USB slot terdapat di sisi kanan. Untuk urusan kamera Sony mempercayakan kepada kamera berkekuatan 2.4 MP baik pada kamera depan maupun kamera belakang.

 

 

Keyboard, trackpad dan stylus

 

 

 

Dari sisi keyboard-dock, Duo 11 terbilang cukup buruk, Keyboard yang dimilikinya terasa memiliki tombol yang terlalu kecil serta jarak antara tombol sangat sedikit. Hal itu tentu menimbulkan polemik bahwa untuk ukuran ultrabook seharga USD 12,000, Duo 11 terbilang sangat mengecewakan. Mengusung mekanisme slider, Vaio Duo 11 tak memiliki trackpad, namun untuk memindahkan dari satu viewpoint ke viewpoint lainnya pada Windows 8, Sony menyediakan tombol kecil yang terdapat diantara tombol G dan tombol H.

 

Terdapat dalam paket pembelian, kita juga akan mendapatkan N-Trig Stylus, yang terbilang sangat memudahkan user dalam melakukan pekerjaan pada layar Duo 11. Stylus yang tersedia terbilang cukup ringan. Namun, kelemahan yang terbilang cukup “aneh” adalah ultrabook ini tak memiliki slot untuk menyimpan stylus tersebut, sehingga anda harus menyimpannya secara hati-hati agar tidak hilang.

 

Display and sound

 

Mengusung layar seluas 11.6 inci yang beresolusi 1,920 x 1,080 dengan kerapatan piksel sebesar 190 ppi. Memiliki teknologi IPS membuat Vaio Duo 11 menjamin sudut pandang yang luas. Seperti high-resolution gadget lainnya, segala macam display terbilang cukup kecil dan presisi, sehingga menggunakan jari akan sedikit merepotkan, maka dari itu kehadiran stylus sangat penting untuk Vaio Duo 11 ini.

Untuk urusan speaker, Duo 11 memiliki 2 speaker pada bagian bawah, sayangnya kualitas suara yang dihasilkan masih terbilang kurang. Namun, speaker tersebut dirasa masih terbilang cukup mengingat untuk mendengar dialog dalam film dan game suara yang dihasilkan cukup jelas.

 

Performa dan kualitas baterai

 

Dengan spesifikasi prosesor 1.7 GHz Core i5, RAM sebesar 6 GB, media penyimpanan sebesar 128 GB, serta Intel HD 4000 GPU tak membuat Vaio Duo 11 terlalu berbeda dengan ultrabook Windows 8 lainnya. Dengan spesifikasi tersebut, hasil benchmark yang dihasilkan hanya mampu dikalahkan oleh Acer Aspire S7 yang memiliki 2.4 GHz prosessor.

Vaio Duo 11 menjanjikan performa yang baik dan minim lag dengan kecepatan booting selama 10 detik, 2-3 detik mengubah orientasi layar. Pada saat memainkan Mafia II Vaio Duo 11 bertahan pada kecepatan 20-30 fps, dan 40 fps pada saat memainkan Batman: Arkham City.

 

Dengan kapasitas baterai sebesar 4,960 mAh untuk penggunaan memutar video, menyalakan wifi, serta brightness sebesar 65%, Vaio duo 11 mampu bertahan selama 4 Jam dan 47 menit. Meskipun tak paling baik dikelasnya, namun ketahanan baterai ultrabook ini terbilang cukup.

 

Software dan garansi

Hadir dengan sistem operasi windows 8, Duo 11 sudah dilengkapi aplikasi seperti Hulu Plus, Skype dan Radio. Selain itu, terdapat juga game bawaan dari Xbox, yaitu Adera dan Pinball FX2.

Seperti produk Vaio pada umumnya, Duo 11 juga dilengkapi berbagai software utilities bawaan Sony, seperti VaioCare dan PlayMemories. Bila anda membeli Duo 11, maka anda akan mendapatkan garansi selama satu tahun penuh.

 

Kesimpulan

Terdapat 2 pilihan lada Vaio Duo 11 ini, yaitu Core i5 yang memiliki spesifikasi 1.7 GHz Core i5 procesor dengan 6GB RAM dan 128GB SSD, serta Core i7 yang memiliki spesifikasi 1.9GHz Core i7 CPU dengan 8GB RAM dan 256GB SSD. Keduanya dibanderol seharga USD 1,200 dan 1,500.

Meskipun memiliki banyak kelemahan, namun sisi premium serta beberapa keunggulan dari produk-produk Sony Vaio juga masih bisa dirasakan pada Ultrabook ini. Akan tetapi, jika anda merasa ultrabook ini “overpriced” maka beberapa pilihan lain juga patut anda pertimbangkan seperti ultrabook jebolan Acer maupun Lenovo.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment