Tuesday 06th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Rooting Android, Perlu Apa Tidak?

posted by Akmal Fahmi
Rooting Android, Perlu Apa Tidak?

Banyak para pengguna Android yang menyarankan bahwa Android lebih baik d. root. Tapi pertanyaannya, perlu apa tidak rooting Android? Sebenarnya jawaban pertanyaan itu tergantung pada kebutuhan penggunanya. Tapi bila anda yang masih ragu ingin rooting Android atau tidak, mungkin pemaparan keuntungan dan kerugian rooting ini dapat menjadi pertimbangan anda.

Keuntungan  

  • Cuastomisasi Apps Lebih Fleksibel
Dengan melakukan rooting, anda dapat memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang terinstal. Termasuk aplikasi bawaan yang tidak perlu. Tapi jika anda berniat melakukan ini, sebaiknya hati-hati, karena jika salah uninstal dapat menyebankan kinerja perangkat anda menjadi tidak sempurna. Jadi, jangan dilakukan bila tidak benar-benar perlu dan tahu.
  • Modifikasi Performa Hardware
Dengan rooting, sangat memungkinkan sekali kinerja perangkat anda lebih maksimal. Salah satunya melalui overlock processor. Overlock processor adalah meningkatkan kinerja processor secara paksa sehingga dapat bekerja lebih cepat dari kecepatan bawaan. Tapi, karena kinerja yang dipaksakan itu, berakibat dapat memperpendek umur processorm baterai lebih boros, cepat panas, atau bahkan membuat sistem menjadi tidak stabil.
  • Instalasi Aplikasi-Aplikasi Tertentu
Dengan rooting juga memungkinkan anda untuk dapat menginstall alikasi yang membutuhkan akses root atau lebih mudahnya masuk lebih dalam ke sistem yang diijinkan oleh vendor. Contoh: ada aplikasi yang dapat merekan penggunaan layar untuk ditayangkan di video tutorial. Atau yang paling populer adalah App2Card. Aplikasi ini dapat memindahkan semua aplikasi ke micro SD Card.
  • Instalasi Custom ROM

Custom ROM adalah OS Android custom yang bukan bawaan vendor. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas Android agar dapat tampil lebih unik atau sesuai dengan kehendak para developernya. Dengan rooting, bukan berartianda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan perangkat Android membutuhkan akses root bila ingin diinstal Custom ROM.

Kerugian

  • Garansi Tidak Berlaku Lagi
Ok, bila perangkat anda masih masa garansi dan anda melakukan rooting, maka efek inilah yang pertama kali terjadi. Pabrikan tidak bertanggung jawab  bila kerusakan pada perangkat dikarenakan pengguna mengubah default sistem pada perangkat. Jangan sedih dulu, karena semua itu dapat diatasi dengan melakukan unroot yang dapat mengembalikan garansi anda.
  • Rentan Virus Dan Malware
Beberapa orang berangggapan bahwa bila melakukan rooting, maka aplikasi merusak seperti malware, virus, atau trojan dapat dengan mudah masuk ke file sistem untuk tujuan merusak atau melaakukan pencurian data pengguna. Namun sebenarnya, tanpa di rooting-pun aplikasi jahat seperti tadi juga dapat masuk ke sistem file.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment