Friday 09th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Semua Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Windows 8!

posted by Ahimsa
Semua Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Windows 8!

Minggu ini adalah minggu besar bagi Microsoft. Perusahaan software veteran pembesut sistem operasi Windows ini akan merilis jajaran Windows terbarunya pada 26 Oktober mendatang, dengan tampilan baru yang radikal, serta diwarnai peluncuran tablet Surface.

Di sela hiruk pikuk kemunculan Windows 8, Microsoft dinilai gagal untuk menjelaskan bagaimana kerajaan Windows 8 ini nantinya akan bekerja.

Publik dibuat bingung dengan kemunculan Windows RT. Apakah perbedaan Windows RT dengan Windows 8? Berapa banyak tablet yang menggunakan Windows RT? Untuk apa Microsoft membangun Windows RT?

Tidak semua orang paham akan hal tersebut, bahkan untuk pertanyaan terakhir, belum ada yang tahu persis apa jawabannya, dan besar kemungkinan CEO Microsoft,Steve Ballmer pun tidak tahu (bercanda hehe).

Mari kita simak hal yang perlu anda tahu tentang Windows 8!

Apa perbedaan antara tablet Windows 8 dan Windows RT?

Banyak orang bertanya mengapa Microsoft membuat diferensiasi semacam ini, karena kedua sistem operasi sama-sama bisa digunakan di tablet.

Tablet Windows 8 menggunakan chip Intel dan AMD yang sama anda temukan di laptop Windows. Tablet ini biasanya hadir dengan stylus.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah, tablet Windows 8 dapat menjalankan program untuk Windows yang biasa anda install di laptop atau PC. Program tersebut termasuk aplikasi di Windows Store, game-game dari pihak ketiga, atau program yang kompatibel dengan Windows lain macam Adobe Photoshop, atau Corel Draw.

Di lain pihat tablet Windows RT hadir dengan prosesor ARM, dan lebih murah dari tablet Windows 8. Yang perlu anda catat adalah tablet ini hanya dapat menjalankan aplikasi yang ada di Windows Store.

Di dalam tablet Windows RT terdapat program pre-installed macam Notepad dan versi ‘bawah’ dari Office, namun anda tidak bisa menginstall program tambahan apapun yang tidak berasal dari Windows Store.

Kesimpulannya, tablet Windows 8 dapat diibaratkan laptop windows 8 tanpa keyboard, sedangkan tablet Windows RT, nampak seperti iPad atau tablet Android.

 

Game apa saja yang bisa dijalankan?

Untuk game di Windows 8, anda bisa menginstall dari yang tersedia di luar Windows Store, tentu saja yang kompatibel.

Untuk game di Wimdows RT, anda hanya bisa menginstall game yang berasal dari Windows Store, atau game pre-installed Windows 8 Xbox. Banyaknya game yang tersedia di Windows Store tentu saja tergantung dari banyaknya developer yang mengupload game disana.

 

Apa saja tablet Windows RT?

Apa saja tablet yang menjalankan Windows RT? mari kita simak!

Microsoft Surface Windows RT

Tablet ini adalah keluaran Microsoft sendiri, dan akan keluar versi Windows 8 setelah OS tersebut dirilis secara resmi. Secara umum, spesifikasi yang diusung adalah layar 10,6 inch dengan rasio 16:9, resolusi 1,366×768. Ditunjang dengan Nvidia Tegra 3, dan terdapat kamera depan dan belakang.

Dell XPS-10

Perangkat dengan Windows RT ini memiliki layar 10.1 inch dan keyboard yang bisa dilepas. Keyboardnya memiliki baterai sendiri, yang akan menambah daya tahan baterai perangkat secara keseluruhan menjadi 20 jam.

XPS-10 ditunjang oleh prosesor Qualcomm Snapdragon S4, microSD storage, dan micro USB port.

Lenovo IdeaPad Yoga

Adalah tablet dengan layar terbesar dari jajaran pengguna Windows RT, dengan layar 1,6 inch resolusi 1,366×768. Tablet ini mengusung prosesor Tegra 3, kamera 720p, port HDMI dan USB 2.0.

Keyboard tidak dapat dilepas, namun perangkat ini dapat ditekuk sedemikian rupa hingga keyboard akan berada di belakang layar, dan laptop pun berubah jadi tablet!

Samsung Ativ Tab

Selain Android, Samsung juga ingin menancapkan kuku di pasar Windows. Ativ hadir dengan layar 10.1 inch, menggunakan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1,5 GHz, kamera 5MP, dan kamera depan 1,9 MP.

Terdapat pula USB dan port micro-HDMI, dan slot microSD. Sayang sekali tablet ini hanya tersedia versi WiFi.

Asus Vivo Tab RT

Tablet ini dibekali dengan layar 10.1 inch resolusi 1,366×768, prosesor quad-core Tegra 3, 8 MP kamera belakang dan 2 MP kamera depan. Setidaknya di Amerika Serikat tablet ini akan hadir dengan konektivitas 4G LTE.

 

Kapan Windows 8 dan Windows RT hadir?

Windows 8 akan diluncurkan secara resmi pada 26 Oktober mendatangm bersamaan dengan itu perangkat dengan Windows RT juga akan menjejak pasar.

Tablet dengan Windows 8, Microsoft Surface Pro, akan mulai hadir awal tahun 2013. Siapkah anda menyambutnya?

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment