Thursday 08th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Sinkronisasi Windows Phone Dengan PC

posted by Akmal Fahmi
Sinkronisasi Windows Phone Dengan PC

Sudah memang seharusnya smartphone mempunyai fitur sinkronisasi konten ke komputer pengguna masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk Windows Phone. Microsoft mengembangkan 2 client terpisah, PC Windows dan Mac. Setiap platform dapat melakukan charge, sinkronisasi, update, dan backup ke Windows Phone mereka. Walaupun mempunyai fungsi yang sama, tapi pada kedua platform tersebut mempunyai fitur yang berbeda. Berikut adalah cara men-sinkronisasi Windows Phone anda melalui kedua platform tersebut:

Windows Phone untuk Windows

Ada 2 aplikasi sinkronisasi Windows Phone dengan PC Windows anda, Zune dan aplikasi Windows Phone client. Kedua aplikasi ini bisa dijalankan di Windows 7 maupun Windows 8. Khusus untuk versi Windows 7 sendiri, Windows Phone client masih memakai versi beta. Saat Microsoft merilis Windows 8, secara otomatis Microsoft juga merilis aplikasi sinkronisasi untuk Windows Phone 8 ini.Fungsi yang dimuliki oleh Windows Phone client ini hampir sama seperti Zune.

Fitur yang ada pada aplikasi Windows Store sekarang:

  • Memeriksa status charge dan report penyimpanan internal.
  • Meng-import media dari perangkat yang terhubung.
  • Browsing aplikasi terbaru dari Windows Phone Store.

Fitur versi desktop Windows client:

  • Memeriksa status gharge dan report penyimpanan internal.
  • Mengatur media penyimpanan pada perangkat (musik, foto, viideo, film, podcast, dan ringtone).
  • Sinkronisasi konten dari iTunes.

Windows client ini memang dasarnya bukan dari pengembangan Zune, melainkan dari pengembangan Windows Store app. Bila anda ingin melakukan konfigurasi, pastikan Windows Phone anda dalam keadaan tidak terkunci (lockscreen PIN) saat terhubung dengan PC. Saat sudah terhubung, anda dapat langsung melakukan pengaturan langsung apa yang ada dalam perangkat anda melalui Windows Explorer. Untuk interface-nya sendiripun sangat mudah dimengerti. Saat sudah terhubung, anda juga dapat melihat status baterai anda dan kapasitas internal perangkat anda yang tersedia.

Windows Phone untuk Mac

Windows Phone di OS X (sebelumnya bernama Windows Phone 7 Connector untuk Mac) adalah satu-satunya aplikasi untuk mengsinkronkan perangkat Windows Phone anda dengan Mac. Dengan tingkat pengguna produk Apple yang semakin meningkat, maka tentu saja ini mempermudah pengguna Windows Phone. Ini adalah solusi bagi Microsoft untuk mengembangkan Windows agar pengguna mau beralih dari Zune.

Fitur yang terdapat pada aplikasi Windows Phone client pada Mac:

  • Memeriksa status charge dan report penyimpanan internal.
  • Mengatur media penyimpanan pada perangkat (musik, foto, viideo, film, podcast, dan ringtone).
  • Mencari perangkat untuk meng-import media penyimpanan Mac.
  • Sinkronisasi konten dari iTunes
  • Backup dan restore data yang ada di perangkat Windows Phone.
  • Memeriksa dan meng-install update software.

Salah satu fitur yang dibanggakan adalah integrasi dengan software Apple. Aplikasi Windows Phone ini dapat menyimpan lagu, film/acara TV, dan podcast dari library iTunes termasuk playlist, genre dan artis. Interface yang disajikan sama seperti tampilan di Windows client dan cara penggunaannya pun juga sama seperti pastikan Windows Phone anda dalam keadaan tidak terkunci (lockscreen PIN) saat terhubung dengan PC. Saat sudah terhubung, anda dapat langsung melakukan pengaturan langsung apa yang ada dalam perangkat anda. Saat sudah terhubung, anda juga dapat melihat status baterai anda dan kapasitas internal perangkat anda yang tersedia. Saat perangkat sudah terhubung, maka di layar Mac anda akan menampilkan tombol “Sync”.

 

Apabila anda menemukan error saat menjalankan aplikasi ini, anda dapat melakukan disconnect lalu reconnect perangkat anda. Apabila masih tidak bekerja, maka anda harus me-restart PC Windows/ Mac anda.

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment