Monday 05th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Sony Xperia Tipo Dual, Kolaborasi Praktis dan Ekonomis dalam Sekali Tekan!

posted by Destriana
Sony Xperia Tipo Dual, Kolaborasi Praktis dan Ekonomis dalam Sekali Tekan!

Sony terus-menerus berusaha menjajaki pasar gadget. Hal ini terlihat dari kian banyaknya produk Sony yang hadir di pasaran. Peminat dari gadget besutan Sony pun tak dapat dibilang sedikit. Sony memang terkenal selalu hadir dengan tampilan dan desainnya yang beragam, unik, stylish, dan cukup ramah kantong. Terbukti dari keberadaan produk gadget Sony yang merambah seluruh segmen pasar, mulai dari low-end hingga high-end.

Salah satu produk Sony yang termasuk dalam segmen low-end adalah Sony Xperia Tipo Dual. Smartphone ini memang tidak lagi dapat dikelompokkan ke dalam gadget yang baru muncul. Namun, tak ada salahnya mengupas lebih dalam tentang smartphone ini. Mengingat pemberitaan yang mayoritas beredar di media adalah cenderung tentang gadget-gadget yang mewah dengan harga yang melangit, maka kali ini KusukaGadget akan mempersembahkan kupasan lengkap tentang Xperia Tipo Dual bagi para pengguna yang ingin menggunakan smartphone yang praktis dan ekonomis.

Bagaimana, sudah siap untuk membaca ulasan kami?

 

Kelebihan dan Kekurangan

[box_info]

Kelebihan:

  • Harga ekonomis, yaitu berkisar di angka 1 jutaan
  • Nyaman disimpan di dalam saku
  • Nyaman digenggam
  • Pengoperasian dual SIM mudah dilakukan
  • Removable Battery
  • Ringan

Kekurangan:

  • Layar yang kecil membuat jari sedikit kesulitan ketika mengetik
  • Kamera standar
  • Sedikit Lag pada saat menggeser layar
  • Agak sulit ketika memasukkan kartu SIM

[/box_info]

Hardware

 

Sony Xperia Tipo Dual hadir dengan fisik yang sama persis dengan saudara kembarnya, yakni Xperia Tipo. Xperia Tipo Dual ini memiliki dimensi yang cukup kecil untuk ukuran sebuah smartphone, yaitu 103 x 57 x mm dengan berat yang hanya 99 gram saja! Terbayang ‘kan bagaimana ringannya smartphone ini dalam genggaman tangan kita?

 

Bentuk yang mungil ini rupanya tak mengurangi performa yang dapat ditampilkan oleh Xperia Tipo Dual. Meskipun mungil, layar sentuh Xperia Tipo Dual yang berukuran 3.2 inci ini cukup kokoh dan mampu mendeteksi sentuhan hingga 10 jari.

Seperti smartphone Sony lainnya, Xperia Tipo Dual juga memiliki tiga tombol sentuh utama di bagian bawah layar, yakni tombol back, home, dan pengaturan. Di bagian bawah ketiga tombol tersebut, seperti biasa terdapat logo bertuliskan Xperia. Pada sisi bawah kiri, terdapat port USB yang menjadi port untuk mengisi daya baterai sekaligus untuk mengoneksikan smartphone ini dengan PC yang anda miliki.

 

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan silver. Bodi smartphone ini terbuat dari bahan plastik yang tidak licin sehingga nyaman dalam genggaman.

Selanjutnya, Tipo Dual memiliki resolusi layar 320 x 480 piksel dengan kepadatan 180ppi. Memang tergolong sangat standar dan tertinggal dibanding smartphone lainnya, namun untuk kelas low-end spesifikasi layar Tipo Dual ini cukup mumpuni.

 

Software dan Prosesor

 

Smartphone mungil ini pun telah dibekali dengan sistem operasi Android 4.0.4 atau yang lebih dikenal dengan Ice Cream Sandwich. Memang bukan sistem operasi terbaru, namun cukup baik untuk sebuah smartphone low-end. Smartphone ini ditenagai oleh Chipset Qualcomm MSM7225AA CPU 800 MHz Cortex-A5 serta GPU Adreno 200.

 

Spesifikasi software ini tentu tergolong cukup hebat mengingat bentuk fisiknya yang mungil namun sanggup menjalankan sistem operasi Ice Cream Sandwich. Namun, seperti asumsi beberapa orang, smartphone ini mengalami lag yang mungkin disebabkan oleh beratnya OS yang tak sebanding dengan prosesor yang menyokongnya.

 

Kamera

 

Tipo Dual hanya dilengkapi dengan kamera tunggal. Ya, smartphone ini hanya memiliki satu kamera di bagian belakang bodinya. Kamera Tipo Dual beresolusi 3.15 MP dengan 2048 x 1536 piksel gambar yang dapat dihasilkan dari bidikannya. Fitur pelengkap kamera ini adalah fitur geo-tagging. Selain itu, kamera pada Tipo Dual juga sudah mampu merekam video dengan kualitas VGA.

 

Multimedia

 

Smartphone ini didukung dengan fitur Walkman yang memang menjadi ciri khas Sony. Suara yang dihasilkan pun jernih dan tampilan playlist yang mudah dipahami. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fitur radio FM, sehingga jika anda bosan mendengarkan musik maka anda dapat beralih untuk mendengarkan radio.

 

Konektivitas

 

Smartphone ini memiliki jaringan 2G GSM 850/900/1900 pada SIM 1 dan 2. Juga, memiliki jaringan 3G HSDPA 900/1200 -ST21i2 pada SIM 1 dan 2. Selain itu, didukung pula oleh HSUPA 850/1900/2100 – ST21a2 pada kedua kartu SIM nya. Dukungan GPRS pada smartphone ini sanggup hingga kecepatan di atas 86 kpbs,  EDGE di atas 237 kbps, HSDPA 7.2 Mbps, dan HSUPA 5.75 Mbps.

Selain dukungan jaringan, Tipo Dual juga disokong oleh WLAN WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, bluetooh v2.1 with A2DP, dan microUSB v2.0.

Spesifikasi pada konektivitas Tipo Dual ini tergolong memenuhi standardisasi sebuah smartphone yang layak dan mumpuni.

 

Media Penyimpanan

 

Tipo Dual memiliki penyimpanan internal sebesar 2.9 GB (2.5 GB user available) dengan RAM sebesar 512 MB. Jika anda merasa kekurangan, jangan khawatir karena smartphone ini memiliki slot microSD yang dapat membaca sebuah microSD hingga 32 GB.

 

Performa Dual SIM

 

 

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Keunggulan smartphone ini memang terletak pada fungsi dual-sim. Pada bagian belakang, anda dapat menemukan dua slot bertingkat untuk kedua kartu SIM yang anda miliki. Lalu, dengan sekali tekan pada tombol kecil di sebelah kanan smartphone maka anda dapat berganti-ganti default kartu SIM dalam beberapa detik saja. Mudah, bukan?

 

 

Anda juga dapat mengatur pemakaian data keduanya karena setiap masing-masing kartu SIM memiliki catatan pemakaian data yang terpisah. Hal ini tentu membuat pemakaian data dan pulsa anda dapat lebih terkendali dan ekonomis.

 

Beberapa kompetitor Sony pun memang sudah ada yang lebih dahulu menelurkan produk dual sim. Ya, sebut saja Samsung Galaxy Young Duos. Namun, perbedaan terletak pada pengaturan pemakaian datanya serta sistem operasi yang digunakan.

 

Daya Tahan Baterai

 

Tipo Dual memiliki ketahanan baterai yang cukup baik, yakni 1500 mAh. Untuk sebuah smartphone mungil dengan RAM dan prosesor yang tak terlalu besar tentu daya baterai ini sangatlah baik, mengingat cukup banyak smartphone Sony dengan spesifikasi lebih tinggi namun tak dibekali dengan ketahanan baterai yang tinggi.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment