Sunday 11th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Tujuh Kuliner Primadona di Surabaya

posted by Octavia
Tujuh Kuliner Primadona di Surabaya

Surabaya, kota yang dikenal sebagai kota pahlawan atau city of heroes ini selain kaya akan berbagai etnis dan suku, juga dikenal sebagai salah satu kota yang dianggap ‘kaya’ akan makanan. Sesuai labelnya sebgai kota pahlawan, kebanyakan makanan di Surabaya bercita rasa pedas sepedas perjuangan arek-arek Suroboyo pada jaman penjajahan untu berperang melawan para penjajah. Ingin tahu apa saja kuliner asli dari kota ini? check this one out Divas!

1. Semanggi

Semanggi merupakan makanan yang termasuk kedalam suku sayur-sayuran dan disajikan dengan saus khusus yang rasanya cukup pedas. Hidangan yang satu ini mirip sekali dengan pecel, hanya saja sayuran yang disajikan hanya satu macam saja, yaitu daun semanggi dan ditamni oleh kerupuk puli besar. Saat ini keberadaan makanan yang sudah dikenal sejak jaman nenek kita masih kecil ini sudah mulai langka. Selain dirasa kurang menarik, para generasi penerus menilai bahwa makanan ini tidak memiliki niali jual yang tinggi, padahal apabila dikreasi lebih lanjut Semanggi bisa jadi kudapan siang yang enak loh Divas!.

2. Rujak Cingur

Apabila Divas adalah orang Surabaya asli maka pasti sangat lekat dengan sosok makanan yang satu ini. Dari namanya saja sudah terlihat bagaimana dan apa saja isi dari makanan yang satu ini. Akan tetapi untuk Divas yang bukan orang Surabaya ParaDiva akan menjelaskan makanan seperti apa si Rujak Cingur ini.

Rujak Cingur merupakan makanan yang berisi potongan buah, seperti bengkoang, mangga muda, nanas, serta buah-buah lain yang lazimnya digunakan dalam rujak dengan campuran sayuran. Sayuran yang digunakan dalam makanan ini sih biasanya hanya kangkung rebus, tetapi banyak juga yang mengkombinasikan dengan sayuran yang lain. Tak berhenti sampai disitu, sebagai pengganti nasi, terdapat potongan lontong dan dikombinasikan dengan tahu, tempe serta hidung atau lidah sapi sebagai lauknya. Terlihat aneh? jangan salah Divas, justru banyak oang yang menggemari makanan yang satu ini sehingga makanan ini menjadi salah satu primadona di Surabaya. Semua campuran tersebut dikombinasikan dengan saus petis yang bisa diatur kadar kepedasannya. Dan percayalah, setelah memakan makanan ini Divas pasti akan langsung jatuh cinta.

3. Gado-Gado

Sekilas, Gado-Gado mirip dengan ketoprak. Makanan ini berisi potongan sayur-ayur plus tahu dan irisan telor rebus serta disiram dengan saus kacang dan kecap, tak lupa ditaburi bawang goreng serta kerupuk. Akan tetapi terdapat perbedaan mendasar antara kedua makanan ini. Gado-Gado cenderung berasa lebih gurih, sedangkan ketoprak lebih manis. Sayur yang disuguhkan dalam Gado-Gado pun lebih beragam daripada ketoprak daannn untuk penyajian kerupuknya, Gado-Gado disajikan dengan dua jenis kerupak, yaitu kerupuk bawang serta kerupuk mlinjo, sedangkan ketoprak hanya disajikan dengan satu macam kerupuk saja.

4.  Tahu Tek

Tahu Tek adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Tahu Tek terdiri atas tahu goreng setengah matang yang dipotong kecil-kecil dengan gunting, kentang goreng setengah matang, taoge, irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar) dan kerupuk udang. Semua itu kemudian disiram dengan bumbunya yang terbuat dari petis, air matang secukupnya (jangan sampai terlalu encer), kacang tanah, cabe dan bawang putih.

5.  Tempe Penyet

 Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit bagi para perantau khususnya mahasiswa yang berasal dari luar kota Surabaya. Selain murah, makanan ini sangat akrab dengan lidah orang Surabaya yang menggandrungi sambel. Penyajian makanan ini pun cukup praktis, tempe yang telah digoreng dipenyet dalam ulekan bersama dengan sambel yang sebelumnya telah diulek terlebih dahulu. Tempe Penyet sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat dan es teh manis. Murah meriah bukan???

6.  Lontong Balap

Lontong balap merupakan salah satu makanan yang dirujuk oleh para wisatawan baik domestik mauoun mancanegara apabila berkunjung di Surabaya.   Makanan ini terdiri dari lontong, dominasi tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Selain bentuknya, ternyata nama dari makanan ini memiliki filosofi tersendiri loh Divas!. Pada jaman dahulu, ketika penjual makanan ini masih berkeliling, mereka membawa dua gentong besar yang dipikul untuk membawa barang dagangannya ini. Karena cara jalannya yang cenderung tergesa-gesa seperti balapan, akhirnya lekatlah kata ‘balap’ untuk menamai makanan ini.

7.  Lontong Kikil

Well membaca namanya saja berhasil membuat ParaDiva ngiler loh Divas, bagaimana tidak, makanan yang berbahan utama daging sapi yang berurat ini benar-benar membuat lidah bergoyang. Isinya sih cukup sederhana, hanya lontong, daging sapi berurat sehingga saat dimakan dagingnya terasa kenyal serta kuah yang merupakan campuran dari  kaldu dari daging tersebut,  kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Penyajiannya sih cukup simple, hanya ditemani oleh lontong, sambel, jeruk nipis serta ditamni oleh minuman hangat. Olalaaa, lezat sekali bukan Divas???

Oke, makanan diatas adalah daftar makanan yang wajib dicoba oleh Divas saat berkunjung ke Surabaya. Bagi Divas yang berdomisili di Surabaya, silahkan bersenang-senang dengan makanan diatas!

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment